Ternyata Berpuasa Bisa Memperlambat Penuaan




Berpuasa, selain kewajiban bagi umat muslim, juga dari sisi ilmu kedokteran, berpuasa ternyata bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh, salah satunya memperlambat penuaan

Dilansir dari media Tribunnews, Menurut penjelasan seorang dokter spesialis penyakit dalam dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Siti Setiati SpPD, dengan berpuasa, jumlah kalori makanan yang kita konsumsi biasanya akan berkurang. "membatasi jumlah kalori makanan adalah salah satu cara yang telah terbukti bisa memperlambat penuaan, mencegah penyakit yang sering timbul pada orang lanjut usia dan bahkan penyakit kanker," katanya.

Saat berpuasa, akan terjadi pengurangan jumlah kalori yang diasup hingga 10-40% dari kebutuhan sehari-hari. Menurut Hasil penelitian pada binatang menunjukkan, dengan mengurangi jumlah kalori ternyata dapat memperpanjang usia harapan hidup binatang tersebut, menurunkan risiko kanker, bahkan mencegah berkembangnya penyakit seperti diabetes dan ginjal.

Kata dr Siti Setiati juga, " hasil penelitian pada manusia pun sudah ada. Hasilnya, tekanan darah membaik, komposisi lemak tubuh berkurang, kolesterol turun, risiko diabetes berkurang, bahkan dapat memperlambat proses penuaan,"

dijelaskannya juga bahwa berbagai penelitian dan literatur memang telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan. Tapi, seseorang tentunya tidak akan langsung dapat merasakan khasiatnya jika berpuasa hanya sebulan saja. "Tentu ini bukan puasa yang hanya dilakukan dalam satu bulan saja. Tetapi harus terus menerus dilakukan dalam bulan-bulan berikutnya."

Manfaat dari restriksi (pembatasan) kalori ini, lanjut Siti, juga berpengaruh pada kesehatan jantung. Pembatasan kalori juga, dipercaya dapat memompa jantung menjadi lebih kuat dan membuat seseorang tidak gampang lelah setelah beraktivitas ataupun berolahraga.

Penelitian diatas semakin menguatkan Kebenaran Sunnah-sunnah Rasulullah Muhammad S.A.W. dimana beliau Menganjurkan untuk mengikuti Sunnah atau cara hidup beliau bagi umatnya yang ingin hidup sehat & bahagia dunia & Akhirat...salah satunya dengan anjuran puasa-puasa sunnah beliau untuk tambahan dari puasa Ramadhan, yaitu puasa 6 hari di bulan syawwal, puasa senin-kamis, puasa tengah bulan, atau puasa Daud, dll.. 

itulah salah satu hikmah mengamalkan sunnah Rasul , dahulu mungkin memang belum diketahui apa manfaatnya, tapi dengan kemajuan tekhnologi sekarang & telah dilakukannya berbagai penelitian,semakin jelaslah terungkap kebenaran ajaran agama islam ini.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 3 Oktober 2018 pukul 15.04

    Mantaf

Add Comment
comment url